banner 900x90

Bupati Mamuju Sebut Musrembang Bukan Sekedar Pertemuan dan Rutinas Tahunan

banner 900x90
Bupati Mamuju Sebut Musrembang Bukan Sekedar Pertemuan dan Rutinas Tahunan

Bupati Mamuju Haji Habsi Wahid memberikan sambutan dalam Musrenbang Kec Kalukku

 

Katinting.com, Mamuju – Bupati Mamuju H. Habsi Wahid bersama dengan wakilnya H Irwan SP Pababari melanjutkan kunjungan kerjanya di Kecamatan Kalukku sekaligus dirangkaikan dengan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tingkat Kecamatan. Jumat (26/02).

Dalam sambutannya, Habsi Wahid mengatakan Musrembang adalah sesuatu  jenjang proses perencanaan yang telah disusun sebagaimana  diatur dalam Undang-undang Nomor 25 tahun 2004.

Menurutnya Musrembang bukan hanya sekedar pertemuan atau silaturahmi belaka yang menjadi rutinitas setiap tahun. Tapi sesungguhnya merupakan proses untuk mendapatkan informasi-informasi tentang kebutuhan yang diinginkan masyarakat sesuai dengan kondisi di masing-masing desa atau kecamatan.

Dirinya mengajak kepada SKPD dan masyarakat untuk memaksimalkan Musrembang sebagai wadah untuk berdiskusi, sebagai tempat menyalurkan aspirasi dan untuk menyuarakan pendapat masyarakat. Musrembang tingkat desa sudah dilalui dan usulan-usulan dari masyarakat desa terakumulasi dalam sebuah program yang akan menjadi agenda yang disampaikan dalam Musrembang tingkat Kecamatan.

Mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Mamuju tersebut menambahkan di dalam Musrembang ada tiga hal yang ingin dicapai. Pertama,membahas dan menyepakati usulan-usulan dari musrembang tingkat desa yang lalu, hal ini yang disebut pendekatan buttom up dimana masyarakat bisa secara aktif menyuarakan kepentingannya. Selanjutnya poin ke dua yang ingin dicapai pada kegiatan Musrembang yakni membahas prioritas-prioritas pembangunan yang akan dilakukan pada tingkat kecamatan, masyarakat dan Kepala SKPD duduk bersama untuk mengsingkronkan hasil musyawarah pada tingkat desa dan kecamatan. Pada poin ke tiga, masih menurut Habsi dalam kegiatan Musrembang akan dikelompokkan prioritas-prioritas pembangunan baik di tingkat desa maupun di tingkat kecamatan yang kemudian dicocokkan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing SKPD.

“Hari ini kita duduk bersama, ada pimpinan SKPD, ada anggota DPRD Kabupaten, yang tentunya kita akan menyingkrongkan kebutuhan masyarakat dengan SKPD terkait,” terangnya.

Irwan Pababari, Habsi Wahid dan St. Suraidah Suhardi saat menghadiri Musrembang

Irwan SP Pababari, Habsi Wahid dan St. Suraidah Suhardi saat menghadiri Musrembang

Melalui moment tersebut, Habsi Wahid juga menyampaikan terimaksih kepada masyarakat Kalukku atas kepercayaan diberikan kepada dirinya dan wakilnya untuk memimpin Mamuju lima tahun kedepan. Turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Mamuju Hj. St. Suraidah Suhardi bersama Anggota DPRD Mamuju Ado Mas’ud, Camat Kalukku Syarifuddin Calang, Kepala SKPD lingkup pemerintahan Kabupaten Mamuju, para perangkat desa se Kecamatan Kalukku beserta segenap masyarakatnya. (SukrianiAkib)

banner 900x90
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.