banner 728x90

Bupati Mamuju Buka Seminar Diseminasi Potret Sosial Ekologis Desa

843 views
banner 728x90
Habsi Wahid

Habsi Wahid

Katinting.com, Mamuju – Bupati Mamuju H. Habsi Wahid membuka Seminar Diseminasi “Potret Sosial Ekologis Desa,” yang juga dihadiri, Asisten II Bidang Pembangunan, Anggota Dewan, Manager Konsorsium Hijau Area Mamuju Karno B. Batiran, Pemateri Pusat Spesialis Pengetahuan Hijau Y Pusat Anom Astika, Camat Mamuju, Camat Tapang dan sejumlah undangan peserta lainnya. Rabu (23/03).

Acara yang berlangsung di Ruang pola lantai 3 kantor Bupati Mamuju ini, merupakan kerjasama antara Konsorsium Hijau dan Millennium Challenge Account (MCA) Indonesia sejak Oktober 2015, yang menyelenggarakan program pengembangan kapasitas kaum muda sebagai pemimpin berwawasan hijau untuk menangani krisis Sosial-ekologis di desa.

Melihat hal itu, Habsi Wahid mengatakan sangat menyambut baik atas terlaksananya kegiatan ini, apa lagi berkaitan dengan pengetahuan hijau bahkan memilih Kabupaten Mamuju menjadi tempat penelitian, di dua Desa yaitu, Desa Tadui Kecamatan Mamuju dan Desa Taan Kecamatan Tapalang dengan sumber daya yang dimiliki, sekedar diketahui masyarakat Mamuju 62 % itu bergelut di bidang penghijauan, tuturnya.

Olehnya itu dari kegiatan ini saya yakin teman – teman generasi muda pemuda-pemudi yang ada di desa sebagai pilot didalam kegiatan pengetahuan hijau ini tentu akan lebih memikirkan sejauh mana perkembangan atau sejauh mana dinamika yang terjadi pada genererasi muda yang ada didalam, terutama mengenai persoalan pengetahuan hijau, tambahnya.

Sesungguhnya ini sangat bermanfaat untuk daerah kita karena sumber daya kita, yang pasti dari hasil seminar ini akan diberikan kepada pemerintah serta melakukan penyesuaian program di SKPD terkait.

“Untuk pemuda – pemuda yang ada di dua desa yang terpilih sebagai tempat penelitian ada baiknya menanamkan kecintaan kita di ekologi ini agar kita bisa mengoptimalkan diri kita untuk mengembangkan potensi yang ada di desa dan menjadikannya lapangan kerja intinya dapat meningkatkan kesejahtraan masyarakat,” ujarnya.

Sementara, manager Konsorsium Hijau Area Mamuju Karno B. mengatakan, bahwa Konsursium Hijau adalah salah satu penerima hibah dari MCA Indonesia, kami telah menerima hibah khusus untuk pengetahuan hijau dan Khusus di Kabupaten Mamuju ada dua Desa untuk mengembangkan pusat belajar warga yang di jalankan oleh anak muda, kami hadir untuk memfasilitasi pengembangan pusat belajar warga, adapun beberapa hal yang di pelajari harus berdasarkan kondisi desa masing – masing bisa belajar tentang kakao, rumput laut dan hutan bakau, pungkasnya. (Lisa Sari Dewi Hasanuddin)

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.