banner 728x90

Bertahan Ditengah Pandemi dengan Kreatifitas

Tidak ada komentar 176 views
banner 728x90

Hidayatullah membuka studio foto untuk kelancaran usaha.

PANDEMI Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini betul-betul membatasi ruang untuk beraktivitas diluar rumah dalam mencari nafkah. Apalagi mereka yang bekerja dan mengharuskan bertemu dengan orang-orang baru.

Pandemi yang sudah berlangsung sedari bulan Maret tahun lalu memaksa mereka untuk memutar otak agar usaha yang digelutinya itu terus berjalan tanpa harus melanggar protokol-protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

Seperti yang dialami Hidayatullah, seorang pemuda di Mamuju yang berbisnis di bidang fotografi. Ia harus memutar otak menemukan solusi agar usahanya pada bidang kreatif itu terus berjalan di tengah pandemi.

Sebelumnya, Hidayatullah fokus pada foto pre-wedding dan wedding. Namun karena pandemi yang melanda, pekerjaan pun terdampak. Orderan menurun. Itu dikarenakan adanya larangan pemerintah untuk membuat kegiatan dengan mengumpulkan orang banyak.

Mengakali itu, agar pundi-pundi terus mengalir ke kantong, Ia mengembangkan bisnis fotografi nya dengan membuka foto studio di kediamannya yang beralamat di Jalur Dua BTN Bukit Dayang No. D8 samping Bascamp Passokorang, Mamuju.

“Pemerintah mengeluarkan peraturan untuk tidak berkumpul. Kami para foto pengantin menjadi dilema kalau tidak bikin kreatifitas yang lain, mau jadi apa kita, pemasukan tidak ada,” keluh Hidayatullah.

Dengan alat seadanya ditambah niat yang kuat untuk mencari klien, foto studio yang baru dibukanya ini bukan suatu hal yang mustahil. Apalagi, namanya untuk lingkup Kabupaten Mamuju bisa dibilang lumayan besar dibidang fotografi. Sudah banyak klien yang menggunakan jasanya.

Kata Dayat–sapaan akrabnya, bekerja di bidang kreatif yang satu ini tidak hanya harus berupa perlengkapan fotografi dan perlengkapan dekorasi. Selain itu perlu juga untuk mematangkan skill fotografi dan kreativitas. “Biar bisnis yang dirintis bisa terus berkembang dan tidak di situ-situ aja,” ungkapnya.

Selain itu, di era sekarang ini yang serba digital, betul-betul dimanfaatkan dengan baik untuk promosi usahanya di media-media sosial.  Atas dasar ini juga Dayat berani membuka usaha foto studio yang diberi nama ‘Teras Studio’ itu. Dia berharap dengan adanya usaha baru ini, menjadi alternatif untuk berfoto bersama keluarga agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

Di usaha ini juga, Dayat begitu menerapkan protokol kesehatan. Sebelum memasuki studio fotonya, telah disediakan hand sanitizer. Setelah selesai memotret pelangan, studio fotonya juga sering dibersihkan. Hal ini tentunya untuk meminimalisir penyebaran virus Corona. Ia juga tak ingin tempat usahanya itu menjadi kluster penyebarn virus.

Dia juga mengungkapkan, dengan adanya usaha baru yang digelutinya ini, ayah satu anak ini juga sudah sangat jarang meninggalkan rumah, kecuali jika ada urusan penting.

Dia juga berpesan kepada pelaku-pelaku usaha lainnya agar kreatif dalam mengembangkan usahanya di tengah pandemi ini agar tak gulung tikar.

“Sekarang mudah sekali mempromosikan usaha. Cukup di posting di media sosial seperti Instagram atau Facebook. Jadi memang harus ki dituntut untuk kreatif untuk menarik minat konsumen,” tutup Dayat.

(Zulkifli)

Bagikan
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Bertahan Ditengah Pandemi dengan Kreatifitas"