banner 728x90

Bawaslu Pasangkayu Buka Posko Pengaduan Penyalahgunaan Kekuasaan

banner 728x90

Anggota Bawaslu Kabupaten Pasangkayu, Nurliana.

Pasangkayu, Katinting.com – Bawaslu Kabupaten Pasangkayu membuka layanan Posko Pengaduan yang beralamatkan di Kantor Bawaslu Kabupaten Pasangkayu, Jl. Ahmad Yani.

Posko dibuka menindak lanjuti surat Bawaslu RI nomor: SS-012/AK. Bawaslu/PM.00.00/12/2019, terkait Intruksi pengawasan tahapan Pencalonan Pemilihan Tahun 2020.

Anggota Bawaslu Kabupaten Pasangkayu, Nurliana menjelaskan bahwa fungsi dari Posko Pengaduan tersebut nantinya akan melayani adanya pengaduan terkait netralitas ASN, laporan adanya pergantian atau pencopotan jabatan yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta adanya pejabat Aparatur Sipil Negara/Kepala Desa atau sebutan lain yang melakukan tindakan serta menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon.

Olehnya, kata Nurliana pihaknya berharap adanya peran serta secara nyata oleh masyarakat untuk ikut serta mengawasi proses pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Pasangkayu.

“Kami berharap, masyarakat ikut serta mengawasi proses pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah, dengan begitu pemilihan ini akan melahirkan Kepala Daerah yang berkualitas,” jelasnya.

Dalam UU nomor 10 Tahun 2016, Pasal 71 menjelaskan bahwa Petahana dilarang melakukan pergantian jabatan 6 bulan sebelum penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan, kecuali mendapat izin atau persetujuan dari menteri dalam negeri.

Pelanggaran terhadap ketentuan di atas, sanksinya bisa didiskualifikasi atau pembatalan terhadap calon yang bersangkutan, bahkan hingga sanksi pidana, tegas Nurliana.

(Anhar)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan

Pencarian Terkait

banner 728x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Bawaslu Pasangkayu Buka Posko Pengaduan Penyalahgunaan Kekuasaan"