banner 728x90

Bappeda Mamuju Gelar Forum SKPD

1313 views
banner 728x90
Forum SKPD dihadiri Bupati Mamuju H Habsi Wahid, Wakil Bupati Mamuju H Irwan Pababari, Ketua DPRD Mamuju Hj St Suraidah Suhardi, Ka Bappeda Rahmat Tahir

Forum SKPD dihadiri Bupati Mamuju H Habsi Wahid, Wakil Bupati Mamuju H Irwan Pababari, Ketua DPRD Mamuju Hj St Suraidah Suhardi, Ka Bappeda Rahmat Tahir

Katinting.com, Mamuju – Pemerintah Kabupaten Mamuju melalui Badan Perencanan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang bertempat di aula Kantor Bupati Mamuju, Sabtu (02/04).

Kepala Bappeda Kabupaten Mamuju Rahmat Tahir mengatakan sesuai dengan amanat Undang-undang No 25 Tahun 2004 tentang  Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2017, maka Pemerintah Daerah yang telah merampungkan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat desa dan Kecamatan perlu menyelenggarakan Forum SKPD. Nantinya dalam forum tersebut akan mempertemukan hasil Musrenbang tingkat Kecamatan yang telah direkapitulasi Bappeda. Kemudian masing-masing SKPD akan mempresentasekan seperti apa rencana kerja di tahun pertama Pemerintahan Daerah yang baru.

“Dalam Forum SKPD akan dipertemukan rencana kerja yang disusun oleh SKPD dan akan mempresentasekan sesuai dengan tupoksi masing-masing berdasarkan kewenangan-kewenangan yang diberikan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan,” urai Rahmat Tahir.

Sementara itu Bupati Mamuju Habsi Wahid  yang membuka secara resmi kegiatan tersebut dalam sambutannya mengatakan melalui Forum SKPD akan ditentukan prioritas pembangunan yang dilakukan setiap setiap SKPD, sehingga perencanaan Top Down (dari atas ke bawah) dan Bottom up (dari bawah ke atas ) bisa singkron.

Dirinya berharap dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) pada Musrenbang tingkat Kabupaten mendatang, bisa ditentukan suatu kebijakan proses pembangunan di daerah. Ia menambahkan melalui forum itu, Pemerintah Daerah akan mengukur sejauh mana kemampuan fiskal (keuangan) daerah dalam mengalokasikan pagu indikatif dari RAPBD (Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah ) pada tahun 2017. Habsi mengingatkan kepada seluruh Kepala SKPD termasuk Camat dan Kepala Desa  untuk mencermati Visi Pemerintah Daerah yakni Mewujudkan Mamuju yang maju, Sejahtera dan Ramah dan  juga mengikuti dengan seksama diskusi Forum yang dibagi ke dalam 4 Desk nanti.

“Saya harap kepada pimpinan Kepala SKPD, para Camat dan Kepala Desa agar visi ini bisa dicermati dan difikirkan bersama,” terang Habsi Wahid.

Forum yang bertemakan “Sinergitas Perencanaan Mewujudkan Kesejahteraan Rakyat” tersebut dihadiri Wakil Bupati Mamuju H Irwan Pababari, Ketua DPRD Kabupaten Mamuju Hj St Suraidah Suhardi, Anggota DPRD Kab Mamuju Ikhsan Syarif, Para Asisten, para pimpinan SKPD, camat dan Kepala Desa se Kabupaten Mamuju. Selanjutnya dibagi kedalam beberapa kelompok diskusi sesuai dengan 4 Desk .Bidang Sosial Budaya melakukan diskusi di Ruang Bappeda, Bidang Ekonomi menggelar diskusi di Ruang Pola Lantai 3, Bidang Fispro menggunakan ruang rapat Bappeda lantai 2, sedangkan Bidang pendataan juga menggelar diskusi di di Ruang Pola Lantai 3. (SukrianiAkib)

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.