banner 728x90

Bantuan Distanak Matra Mubazir

969 views
banner 728x90
Bantuan Distanak Matra Mubazir

Mesin Pencacah pakan yang mubazir

Katinting.com, Pasangkayu – Bantuan mesin pencacah pakan ternak Kelompok Melati Indah, di Desa Parabu, Kecamatan Lariang, Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat, yang diturunkan oleh Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) pada 27 Januari 2015 lalu terbengkalai dan Mubazir.

Sekretaris Kelompok Ternak Melati Indah, Abunansa Saleh mengkatakan, pakan yang terbuat dari bahan dasar pelepah kelapa sawit yang dirajang oleh mesin pencacah tersebut tidak dapat dikonsumsi oleh ternak mereka sehingga tidak dioperasikan.

“Alat proses itu terlantar begitu saja setelah kami coba dan hasilnya tidak dikonsumsi ternak. Sejak saat itu sudah tidak adalagi kami operasikan,” ungkap Abunansa saat disambangi dikediamannya Sabtu (30/01).

Menurut informasi yang pernah ia dengar, pakan yang telah dihasilkan oleh mesin pencacah diproses bersama dengan bahan lain, seperti dedak, mulasus, garam dan lainnya sehingga menghasilkan pakan yang  dapat memberi selera ternak.

Oleh proses tersebut, kelompok Ternak Melati Indah sejatinya diberi pelatihan khusus. Namun yang terjadi adalah sebaliknya sehingga mesin yang siperkirakan menelan anggran ratusan juta rupiah itu tidak dapat memberi manfaat untuk para penernak.

“Untuk proses pencapuran dari berbagai macam bahan itu tentunya dibutuhkan keahlian. Nah keahlian inilah tentu kita dapatkan dari pelatihan-pelatihan kelompok yang dilakukan oleh pemerintah,” tandasnya. (Joni)

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.