banner 900x90

Ayo Tukarkan ATM dengan Logo GPN

173 views
banner 900x90

Kepala Perwakilan BI Sulbar saat memberikan sambutan pada acara kampanye GPN. (Foto Anhar)

Mamuju, Katinting.com – Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Barat menggelar kampanye Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di anjungan Pantai Manakarra Mamuju, Minggu (16/9).

Tersebut dilakukan pasca diluncurkan sejak Mei 2018 lalu, yang diharapkan setiap bank yang beroperasi di Indonesia wajib mengadopsi sistem GPN dan merilis kartu debet GPN berlogo garuda. Kartu debet GPN bisa digunakan di seluruh mesin electronic data capture (EDC).

Kampanye GPN ini, di ikuti sejumlah bank yang ada di Provinsi Sulbar, seperti BRI, BNI, BPD Sulselbar, Bank Panin, Bank Mandiri, Bank Muamalat, unsur Muspida dan sejumlah masyarakat umum, yang dirangkaikan dengan acara senam bersama, jalan santai.

Pada kegiatan ini juga sejumlah masyarakat antusias melakukan penukaran kartu ATM/Debet berlogo GPN yang tersebar di sejumlah stand bank yang tersedia. Selain itu, warga juga dapat melakukan penukaran ATM di bank masing-masing nasabah di hari kerja.

Diharapkan dengan menggunakan kartu berlogo GPN masyarakat mendapatkan kemudahan untuk melakukan transaksi pembayaran pada seluruh kanal pembayaran (EDC) yang tersedia, sehingga akan meningkatkan efisiensi waktu dan biaya.

GPN juga memberikan jaminan keamanan data, yang lebih terjaga dalam proses transaksi. Selain itu juga masyarakat juga dapat menikmati biaya administrasi yang lebih murah karena seluruh pemrosesan dilakukan di domestik dan bank tidak dikenakan biaya lisensi logo.

Menurut Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulbar, Dadal Angakoro, untuk Sulawesi Barat, hari ini kita sudah melakukan kick off GPN, dan selama sepekan terhitung mulai hari ini, kita akan melakukan yang namanya pekan gerbang pembayaran nasional.

Pekan Gerbang Pembayaran Nasional ini akan berlangsung diseluruh bank dari cabang hingga unit, di enam kabupaten di Sulawesi Barat. Setiap bank akan membuka pelayanan bagi masyarakat yang ingin menukarkan kartu ATM lama menjadi ATM berlogo GPN.

Logo GPN pada kartu ATM yang baru ini menggantikan logo atau tanda koneksi pembayaran internasional, dengan berbagai keuntungan yang dimiliki seperti biaya yang relatif lebih murah dari ATM biasanya.

“GPN ini sebuah sistem yang mengintegrasikan sistem pembayaran nasional. Karena ini produk dalam negeri, tentu biayanya juga lebih murah. Visa dan Master Card fee-nya sekitar 3 persen sementara untuk GPN hanya 1 persen,” ucap Dadal Angkoro.

Kartu ATM yang sebelumnya berlogo Visa dan MasterCard dibuat oleh perusahaan luar negeri sehingga dibutuhkan biaya berupa mata uang asing untuk membayar jasa penggunaan kartu tersebut. Dengan beralih ke ATM berlogo GPN, akan terjadi pengurangan kebutuhan mata uang asing menjadi mata uang rupiah.

“GPN ini lembaga yang didirikan di Indonesia, sehingga dengan beralih menggunakan GPN kita telah melakukan pengurangan kebutuhan dolla untuk biaya jasa,” terang Dadal.

“Harapan kami, bagi seluruh masyarakat Sulawesi Barat yang memiliki ATM dari bank manapun untuk segera diganti menjadi ATM berlogo GPN. Dengan begitu kita semua telah ikut dalam upaya percepatan perekonomian di Indonesia,” pungkas Dadal Angkoro.

Warga yang antusias melakukan penukaran ATM dengan yang berlogo burung garuda. (Foto Anhar)

(*/Anhar)

banner 900x90
Berita Sulbar
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.