banner 900x90

Astra Kembali Lakukan Trauma Healing di Donggala

93 views
banner 900x90

Trauman Healing yang dilaksanakan pihak PT AAL. (Ist)

Pasangkayu, Katinting.com – Nurani Astra, PT. Astra Agro Lestari (AAL ) kembali melakukan trauma healing kepada korban bencana alam di Sulawesi Tengah, khususnya bagi anak-anak.

Informasi dari relawan Nurani Astra menyebutkan, masyarakat terdampak di wilayah Kabupaten Donggala masih merasakan trauma. Dampaknya sebagian warga memilih tidur di dalam tenda.

Kordinator posko Nurani Astra Palu-Donggala-Sigi, Joko M. Latief mengatakan, Astra melakukan trauma healing untuk kepada ratusan anak yang rentan sesuai dengan hasil kaji cepat (rapid assesment) yang sebelumnya telah dilakukan tim Psikososial Nurani Astra.

“Dengan mengacu pada hasil rapid assement maka setiap penanganan yang dilakukan tepat sasaran dan sesuai kebutuhan kelompok,” kata Joko, disela trauma healing, di salah satu tempat pengungsian di Desa Sibado, Kecamatan Sirenja Donggala, Selasa (23/10).

Terutama untuk kalangan rentan yakni anak-anak di pengungsian menunjukkan hasil bahwa seluruh anak yang ada di lokasi pengungsian hidup dalam keadaan “tidak normal” karena situasi kedaruratan yang terjadi.

Untuk mengatasinya lanjut Joko, dukungan psikososial Astra telah melakukan kegiatan play theraphy dengan berbagai bentuk kegiatan. Misalnya bernyanyi bersama, menggambar, dan mengucapkan shalawat bersama. Tujuan utamanya agar anak-anak menemukan kembali keceriaan.

“Jadi, selain mengembalikan keceriaan mereka, trauma healing ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan psikososial anak sscara individu maupun masyarakat. Harapannnya kami, agar tetap berfungsi optimal pada saat mengalami krisis dalam situasi bencana,” sebut Joko.

Community Development Area Manager (CDAM) Wilayah Celebes PT AAL, Teguh Ali Musaji menambahkan, untuk penanganan pasca gempa dan tsunami di kabupaten Donggala saat ini, Astra juga memberikan dan menyerahan bantuan lansung ditempat pengungsian tersebut.

“Alhamdulillah, dengan ditambahkan Waktu tanggap darurat hingga 30 Oktober, relawan Nurani Astra bisa berbuat lebih banyak yang dimulai dari evakuasi, bantuan makanan, penyediaan air bersih hingga trauma healing di beberapa titik dari tiga wilayah dampak gempa yakni, Palu-Donggala-Sigi,” singkat Teguh.

(ndi/Anhar)

banner 900x90
Berita Sulbar
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.