banner 728x90

Arsal Ajak Fraksi Demokrat Bantu Kurangi Angka Kemiskinan di Mateng

H. Arsal Tammauni saat memberikan sambutan. (Dok. Ruli)

Tobadak, Katinting.com – DPC Partai Demokrat Mamuju Tengah menggelar pelatihan dan pendidikan politik yang berlangsung di Aula sekolah Keperawatan Almubarak, Topoyo. Kamis (7/11).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung ketua DPRD Mamuju Tengah, H. Arsal T sebagai ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Mamuju Tengah, dengan pesertanya seluruh kader partai Demokrat, simpatisan dan anggota DPRD Mamuju Tengah dari partai Demokrat.

H. Arsal T dalam sambutannya, meminta kader partai khususnya anggota DPRD dari Partai Demokrat untuk senantiasa membangun dan menjaga dialektika.

Ia memaparkan, poin dan peran penting partai politik dalam sebuah pemerintahan, dan peranan fraksi mengontrol orang orang di DPRD sesuai dengan ketentuan. Arsal juga mengajak berdialog dan lebih berinovasi lagi mengurangi angka kemiskinan di Mamuju Tengah.

Lebih lanjut H. Arsal T mengatakan, partai politik yang dianut pemerintah saat ini,  menjadi sistem bagaimana kita membangun sebuah demokrasi lebih baik di Indonesia.

Ia juga mengurai, bahwa dalam UU 23/2014, yang namanya pemerintahan daerah itu ada dua. Ada eksekutif ada legislatif. Dimana Eksekutif dimotori oleh Bupati sampai ke birokrasi di bawahnya.

Mereka orang-orang profesional yang diseleksi menjadi pegawai dan berjenjang ke atas untuk mendapat posisi pangkat dan jabatan, jelas H. Arsal T.

Sedangkan legislatif, lanjut H. Arsal T, adalah orang orang partai politik yang terpilih pada setiap pemilu legislatif.

Berdasarkan aturan dalam undang-undang 23 tersebut, ada dua kelompok yakni eksekutif dan legislatif tidak saling membawahi.

“Bupati tidak membawahi DPRD,  demikian pula sebaliknya DPRD tidak membawahi pemerintah. Tapi kita adalah mitra sejajar yang sama sama bertujuan membangun daerah,” kata H. Arsal T.

Eksekutif dan legislatif dalam sistem yang dianut harus sama sma bekerja. Lanjut H. Arsal T, Kalau pemerintah daerah bilang mau bangun bandara di Mamuju Tengah, tapi DPRD bilang tidak boleh ya tidak bisa dibangun. Sebeliknya,  DPRD ingin bangun bandara tapi pemerintah daerah bilang tidak bisa, l kami tidak memiliki dana juga tidak bisa, jelas.

Foto bersama ketua H. Arsal Tammauni. (Dok. Ruli)

(Advertorial)

Bagikan

Pencarian Terkait

banner 900x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Arsal Ajak Fraksi Demokrat Bantu Kurangi Angka Kemiskinan di Mateng"