banner 900x90

Angin Puting Beliung di Sungai Karema, BMKG : Fenomena Alam Biasa

143 views
banner 900x90

Katinting.com, Mamuju – Pusaran angin puting beliung terjadi di Sungai Karema Mamuju, Sulawesi Barat.

Fenomena ini terjadi sekitar pukul 16.24 Wita, Kamis (8/11). Membuat penduduk yang tinggal disekitaran sungai Karema berhamburan karena panik. Beruntung angin putting beliung tidak memasuki pemukiman warga.

Pemandangan pusaran angin puting beliung, yang terakam beredar di dunia Maya dan akun-akun media sosial. Beberapa video  yang tersebar angin puting berbentuk pusaran awan bergerak di sungai dan menjulur ke langit, seperti yang terlihat dalam video yang berdurasi 51 detik.

Menanggapi hal tersebut, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Majene dalam rilisnya mengatakan angin puting beliung yang terjadi tersebut adalah fenomena alam yang biasa.

“Fenomena tersebut biasa disebut Waterspout atau puting beliung yang terjadi di atas perairan. Penyebabnya karena ada awan cumulonimbus/awan tebal penghasil hujan yang berada di atas wilayah yang panas. Jadi pada pagi hingga siang hari suhu di wilayah tersebut panas, dan awan cumulonimbus berada diatasnya. Fenomena  Waterspout ini biasanya berlangsung dalam belasan detik hingga hitungan 5 menit,” ujar Ayu Indrawari, forecaster BMKG Majen.

(Zulkifli)

 

1. Sumber video warga

2. Tonton Videonya juga akun youtube Ridho Sefrial Syahrul : 

banner 900x90
Berita Sulbar
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.