banner 728x90

Selesai 2012, Habiskan 4 M Pelabuhan Matra Terbengkalai

1049 views
banner 728x90
Pelabuhan di Matra

Pelabuhan di Matra

Katinting.com, Pasangkayu – Pelabuhan Matra, yang dibangun dengan anggaran sekira Rp. 4 Miliar terletak di Desa Pangiang, kecamatan Bambalamotu, sejak rampung dibangun pada tahun 2012 silam, hingga saat ini terbengkalai dan belum dioperasikan.

Dikonfirmasi mengenai hal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sulbar Haeruddin Anas di sela-sela kunjungannya ke Matra. mengatakan bahwa keberadaan pelabuhan tersebut sesungguhnya sangat potensial bagi Matra, baik dari segi peningkatan pertumbuhan ekonomi maupun dari segi akses transportasi laut.

Hanya saja kata dia, memang pelabuhan itu belum bisa difungsikan sebagaimana mestinya sebab pelaksana pembangunan belum menyerahkan berita acara serah terima operasional (Basto) kepada kementrian terkait.

Namun sambung Haeruddin, saat ini pihaknya tengah melakukan upaya-upaya agar pelabuhan itu bisa segera beroperasi. Pihaknya telah melakukan komunikasi dengan pihak PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) terkait pengoperasian pelabuhan di Matra.

“Dua minggu yang lalu kami sudah lebih jauh membicarakan dengan Pelindo terkait pelabuhan  di Matra, sesuai dengan arahan bapak gubernur, agar bagaimana pelabuhan ini bisa ramai. Nah itu sudah mendapat respon dan pihak Pelindo sangat serius untuk bisa menangani pelabuhan tersebut,” ungkapnya saat menghadiri salah satu kegiatan di Matra, Kamis lalu.

Selain itu, pihaknya juga tengah berupaya untuk membentuk suatu sistem yang terintegrasi, agar kapal-kapal yang bersandar di pelabuhan bisa memperoleh muatan baik orang maupun hasil pertanian.

“Nah sekarang apa yang bisa dimuat di Matra? Makanya tadi saya sudah berbicara dengan pak Sekda Matra, agar kawasan industri di Matra bisa terintegrasi langsung dengan pelabuhan dan sistem serupa juga akan kami lakukan di pelabuhan lain di Sulbar,” tambahnya.

Sementara mengenai akses menuju ke pelabuhan yang belum memadai, pihaknya juga telah melakukan komunikasi dengan balai jalan yang didukung langsung oleh kementrian PU dan perumahan rakyat. Hasilnya, perbaikan akses pelabuhan tersebut telah masuk dalam stok program di kementrian PU dan perumahan rakyat.

“Itu sudah diukur, tinggal kami akan melakukan tindak lanjut lebih jauh dengan melakukan rapat teknis pada pekan depan dengan balai jalan kementrian PU dan Per. Kami akan dorong percepatan perbaikan akses pelabuhan ini,” ujarnya. (Joni)

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.