AJI Kota Mandar Hadirkan Ketua Dewan Pers Membahas Ini

189 views

(Ki-ka) Haryo, Hj. Mashura, Lukman Umar, Yosep Adi Prasetyo, Sudirman Samual dan Ridwan Alimuddin saat memberikan sambutan di acara talk show AJI Kota Mandar. (Ft: Anhar)

Mamuju, Katinting.com – Bertempat dihotel Pantai Indah Mamuju, Rabu 23 Agustus 2017, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Mandar menggelar Talkshow yang mengusung tema ‘Jurnalisme dan Tantangannya’.

Acara yang dipandu oleh mantan ketua AJI Kota Mandar Sudirman Samual, selain dihari sejumlah pengurus AJI Kota Mandar se Sulbar juga hadir dari Polda Sulbar yang diwakili Kabid Humas, Hj. Mashura, Danrem 142 Tatag yang diwakili Kapenrem Haryo Mustako, Perwakilan Dandim Mamuju diwakili Pasi Intel, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulbar Lukman Umar, Komisioner KIP Andi Fachriady Kusno, mewakili Pemkab Mamuju Andi Rasmuddin dan  mewakili Pemprov Sulbar Dian Afrianty.

Dalam sambutannya ketua AJI Kota Mandar, Ridwan Alimuddin menuturkan, kegiatan tersebut juga sebagai ajang silaturahmi teman-teman AJI di Sulbar dengan para pejabat teras di Sulbar.

Bahkan menurut Ridwan sejak terbentuk di Sulbar pada tahun 2010, AJI baru pertama kali mengadakan kegiatan besar seperti ini (Talk Show) yang dananya dikumpulkan dari iuran dan kegiatan mandiri dengan menjual baju kaos yang bertuliskan kode etik. Hal tersebut dilakukan karena AJI tegas menolak anggaran negara (APBN), anggaran daerah (APBD), sumber dana dari orang atau perusahaan perusak lingkungan dan pelanggar HAM.

“Prinsipnya AJI, kegiatannya tidak boleh mendapat APBD apalagi APBN itu sebagai organisasi independen yang benar-benar mandiri. Tujuan utama AJI, bagaimana teman-teman jurnalis dalam peliputan tetap independen, sesuai UU pers dan patuh pada kode etik,” kata Ridwan Alimuddin.

Ridwan yang juga pegiat literasi menegaskan, jika kemudian ada wartawan atau jurnalis yang bermasalah dengan masyarakat bisa jadi ada yang bermasalah dan melanggar kode etik.

(Anhar Toribaras)

Pencarian Terkait

Ali Baal Masdar