banner 728x90

Abrasi Ancam Pemukiman, Mana Perhatian Pemkab Matra?

1028 views
banner 728x90
Tanggung Yang Ambruk Didesa Tampaure, Kecamatan Bambaira, Matra

Tanggul Yang Ambruk Didesa Tampaure, Kecamatan Bambaira, Matra

Katinting.com, Pasangkayu – Abrasi yang meruntuhkan tanggul pemecah ombak, mengancam pemukiman warga yang berada disepanjang bibir pantai, Desa Tampaure Kecamatan Bambaira.

Apalagi saat ini musim ombak mengakibatkan kerusakan yang semakin massif, hingga banjir rob yang mengenai rumah warga.

“Dari Januari hingga tiga bulan kedepan ini, ombak selalu tinggi, dan air laut kadang sudah mencapai rumah kami. Tanggul penahan ini dibangun sekira tahun 2013 dan telah runtuh sekira lima bulan yang lalu,” ujar seorang nelayan di desa Tampaure Nurdin, Selasa (12/1).

Lanjut Nurdin, bahwa dulunya garis pantai dengan pemukiman warga jaraknya cukup jauh, namun karena proses abrasi yang massif, jaraknya kini tinggal beberapa meter saja.

Dengan runtuhnya tanggul penahan tersebut ia khawatir beberap bulan atau tahun kedepan lahan pemukiman wargapun sudah raib ditelan ombak.

Ia berharap, pemkab Mamuju Utara segera melakukan tindakan antisipasi, apakah dengan memperbaiki bangunan tanggul yang rusak.

“Saya dan beberapa warga disini telah membuat proposal untuk diajukan ke pemerintah guna mengantisipasi ancaman abrasi ini, dan mudah-mudahan segera direspon dan ditindak lanjuti Pemkab Matra,” harap Nurdin. (Joni)

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.