banner 728x90

Dipertanyakan, Pendamping Desa Sebut Sudah sesuai

1401 views
banner 728x90
Ilustrasi

Ilustrasi

Katinting.com, Mamuju – Saya selaku pemuda Desa Kalonding Kecamatan Sampaga sangat menyayangkan kinerja pendamping dana desa yang kurang bertanggung jawab terhadap kewajiban dan fungsinya. Jelas Bustan kepada katinting.com, dikarenakan saat rapat penting pembahasaan dana desa tidak pernah hadir di rapat.

“Hasil diskusi kami, dengan anggota BPD Desa Kalonding, Suriansyah, itu tidak mengenal pendamping dana desanya, karena tidak pernah hadir pada saat Musrenbang Desa serta memandu proses perencanaan desa dan memperkenalkan diri kepada masyarakat desa Kalonding,” terang Bustan.

Kalau ini terus menerus tidak ditindak oleh pemerintah maka saya yakin perencanaan penyusunan program dapat di ragukan legalitasnya, sambung Bustan, yang sesuai aturan undang-undang dana desa serta azas manfaatnya.

“Selaku pemuda Desa Kalonding mengharapkan pemerintah desa proaktif melibatkan unsur masyarakat, pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama, LSM, organisasi kepemudaan dan media yang ada dalam perencanaan agar ada transparansi dalam penggunaan uang negara, sehingga publik bisa melakukan pengawasan secara efektif dalam perencanaan dan pelaksanaannya,” ucapnya.

Saya juga mengharapkan kepada legeslatif untuk proaktif jangan hanya tidak tinggal diam dalam hal ini, “Kapasitasnya sebagai wakil rakyat yang duduk di DPRD harus melakukan fungsi pengawasan. Kalau ada pendamping desa tidak proaktif dalam menjalankan tanggung jawabnya maka kuat indikasi penyusunan dan penggunaan dana desa itu tidak efektif,” imbuhnya.

Sementara itu, saat dihubungi Muh. Ramadhan selaku Pendamping Desa Kecamatan Sampaga menuturkan, bahwa harus dipahami Pendamping Desa dengan Pendamping Lokal Desa (PLD).

“Pendamping Desa itu mengkoordinir semua desa dalam satu kecamatan dan yang bertugas di desa itu PLD, terkait hal ini tentu akan menjadi evaluasi kami kepada PLD,” tuturnya.

Lanjut menurutnya, bahwa setelah saya konfirmasi ke PLD itu telah melakukan tugasnya dengan baik di Desa, “Jadi saya heran kalau ada penyampaian demikian, sebab hasil konfirmasi saya ke PLD itu telah melaksanakan tugasnya dengan baik dan program dana desanya itu telah selesai,” jelasnya. (Anhar Toribaras)

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.