oleh

45 Persen Daerah di Mamuju Belum Miliki Jaringan Telekomunikasi

banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Data Kementerian Kominfo tahun 2021 menunjukkan, dari 101 Desa/Kelurahan di Kabupaten Mamuju, 45 persen belum memiliki akses jaringan telekomunikasi atau blank spot.

Data ini dipaparkan Penjabat (Pj) Gubernur, Akmal Malik dalam rapat paripurna Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulbar di gedung DPRD Sulbar, Senin (23/5).

Berdasarkan uraian data dari Kementerian Kominfo RI itu, Kabupaten Mamasa merupakan daerah blankspot terbanyak disusul Kabupaten Mamuju. Kabupaten Polewali Mandar dan Kabupaten Mamuju tengah sebagai daerah paling luas pada akses jaringan seluler.

Meski begitu, Kabupaten Mamuju menjadi perhatian serius Dirjen Otda Kemendagri itu. Hal itu dikarenakan Mamuju merupakan Ibukota Provinsi ke-33 ini.

“Sebelum saya ke Sulbar, saya minta data ini ke Kominfo RI, dan hasil data ini menunjukkan jika perlu perbaikan disektor akses informasi khususnya jaringan seluler,” kata Pj Gubernur.

Akmal Malik meminta jajaran terkait bersama-sama melakukan pembenahan. Katanya, dia juga telah melakukan komunikasi dengan Kementerian Kominfo RI dalam hal membangun akses jaringan seluler di Sulbar.

“Ini bukan kesalahan pada pemerintah kabupaten, tetapi hal ini tentu perlu kerja keras bersama untuk memperbaiki itu. Untuk itulah bagian tugas saya di Sulbar ini,” sebutnya.

Wakil Bupati Mamuju, Ado Mas’ud usai paripurna menyebut, hal tersebut akan menjadi bagian fokus Pemkab Mamuju yang bekerjasama dengan Pemprov Sulbar.

“Tentu kita akui dan kita rasakan terkait hal itu, dan langkah cepat pak Gubernur ini perlu kita dorong bersama. Selain itu sesuai dengan yang disampaikan terkait blankspot jika komunikasi ke Kementerian Kominfo telah dilakukan, kita juga Pemkab Mamuju akan berupaya sesegera mungkin melakukan pembenahan,” tutup Wakil Bupati Mamuju.

(Ant/Zul)

Bagikan

Komentar