dprd sulawesi barat

3 Polres Dapat Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik

95 views
banner 468x60

Foto bersama usai pemberian penghargaan Polres dengan pelayanan publik terbaik. (ORI Sulbar)

Mamuju, Katinting.com – Tiga Polres lingkup Polda Sulawesi Barat mendapat piagam penghargaan dari Ombudsman Sulbar, karena masuk dalam zona hijau unit penyelenggara pelayanan publik terbaik untuk kategori layanan SIM dan SKCK. Rabu (14/2)

Tersebut, adalah tindak lanjut hasil Uji Kepatuhan Pemenuhan Komponen Standar Pelayanan Publik Tahun 2017 yang diselenggarakan Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Barat.

Pemberian piagam penghargaan tersebut, berlangsung di ruang pola kantor Polda Sulbar, dihadiri Danrem 142, Ketua DPRD Sulbar, Kapoda dan Wakapolda serta Jajaran Pejabat utama dilingkungan Polda Sulawesi barat.

Selain ketiga Polres tersebut, AKP. Edward Steffri Allan. T, SIK M.Si selaku mantan Kasatlantas Polres Polman juga dinilai telah memberikan banyak sumbangsih besar dalam pembenahan Pelayanan Publik di Satlantas Polres Polman sejak 3 tahun terakhir.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulbar, Lukman Umar mengatakan, penilaian uji kepatuhan ini adalah program Ombudsman Republik Indonesia yang dilakukan pada sejumlah kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah terhadap standar pelayanan publik yang bertujuan untuk mengingatkan kewajiban penyelenggara negara agar memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

Sebab menurut Lukman, pengabaian terhadap standar pelayanan publik dalam jangka panjang akan berpotensi menurunkan kredibilitas peranan pemerintah sebagai fasilitator, regulator, dan katalisator pembangunan pelayanan publik.

“Program ini bertujuan untuk melihat implementasi pemenuhan standar pelayanan publik sesuai UU 25 Tahun 2009 yang berpedoman kepada Pasal 8 UU No 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman RI, dalam rangka mendorong perbaikan standar pelayanan publik yang merupakan  kewajiban bagi penyelenggara pelayanan sebagai bentuk  pemenuhan asas-asas transparansi dan akuntabilitas,” jelas Lukman.

Lukman juga berharap melalui kegiatan ini, semakin memperkuat sinergitas dan soliditas antara Ombudsman RI Sulbar dan Polda Sulawesi Barat dalam rangka mendorong perbaikan kualitas pelayanan publik dan pencegahan Maladministrasi dilingkungan Kepolisian Daerah Sulawesi Barat.

Piagam Penghargaan dari Ombudsman diserahkan oleh Kapolda Sulbar kpd Mantan Kasatlantas Polres Polman.

(Humas Ombudsman RI Sulbar)

Pencarian Terkait

Ali Baal Masdar