184 Miliar Lebih Dana Desa Tahap II Tuntas Disalurkan se-Sulbar

Transfer Dana Desa Tahap II 2017. Sumber:  Kanwil KPPN Sulbar.

Mamuju, Katinting.com – Dana Desa tahap II tahun 2017 tuntas disalurkan ke seluruh rekening Kas umum Daerah (RKUD) setiap Pemerintah Kabupaten se-Sulbar.

Tuntasnya penjaluran Dana Desa tahap II tersalur terhitung sejak tanggal 21 November 2017 terbagi atas dua tahap yakni tahap pertama 60 persen dan tahap kedua sebesar 40 persen dengan masing-masing perhitungan dari total pagu anggaran setiap Kabupaten.

Kepala kantor Wilayah (Kanwil) Dirjen Pembendaharaan Sulbar Saiful Islam mengatakan dana desa yang masuk dalam RKUD selanjutnya akan ditransfer ke rekening Kas Daerah (RKD) setiap Kabupaten dengan cara berangsur-angsur bedasarkan laporan pertangung jawaban (LPJ).

“Dalam tahap II ini total transfer Rp 184.437.875.600 akan disalurkan ke masing-masing Desa apa bila peryaratannya telah lengkap dipenuhi dengan ketentuan realisasi penyerapan anggaran paling kurang 75 persen dengan capaian output 50 persen,” kata Saiful Islam, Selasa (21/11).

Sementara itu untuk penyaluran dana desa tahap I tuntas disalurkan pada bulan Agustus dengan nilai Rp 276.630.204.200.

“Diharapkan proses tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar agar dana desa bisa lebih cepat diterima masing-masing desa lalu digunakan untuk mendanai sejumlah kegiatan yang direncanakan dalam rencana kerja pemerintah Desa (DKP Desa),” ungkapnya.

Dia menambahkan bahwa Dana Desa juga diharapkan mejadi penggerak ekonomi dan mengurangi angka kemiskinan di Desa. (Syarifuddin)

 

Pencarian Terkait

Ali Baal Masdar