banner 900x90

10 Keistimewaan KH. Ma’ruf Amin

321 views
banner 900x90

KH. Maruf Amin Cawapres Jokowi (Net)

1. Ulama Teknokrat

Kiai Ma’ruf Amin bukan ulama biasa. Ia merupakan ulama yang pernah berkecimpung di jabatan publik (DPRD, DPR, MPR, Watimpres, BPIP, dll), memahami narasi good governance, serta punya kepakaran di bidang ekonomi (guru besar bidang ekonomi muamalat).

2. Peletak Konsep Arus Baru Ekonomi Indonesia

Ini merupakan konsep radikal di mana kelompok ekonomi lemah (kecil) mampu menjadi kekuatan ekonomi nasional.  Konsep ini bertujuan mengurangi kesenjangan ekonomi. Atas gagasan itulah Kiai Ma’ruf kemudian disebut sebagai Bapak Ekonomi Keumatan.

3. Titik Temu Semua Kelompok

Diterima semua kelompok (kelompok kanan ataupun liberal, kelompok muslim ataupun non-muslim). Ia tokoh yang mampu menyatukan umat sekaligus problem solver atas pelbagai permasalahan bangsa.

4. Ulama yang Menggelorakan Cinta Tanah Air

Seperti Hadratussyekh KH Hasyim Asy’ari, Kiai Ma’ruf merupakan ulama yang sangat cintai tanah air. Ia bahkan mendirikan organisasi bernama Majelis Dzikir Hubbul Wathon (MDHW) untuk menggelorakan cinta tanah air di penjuru Nusantara melalui empat pilar gerakan: halaqoh, dzikir, gerakan soasial, dan ekonomi umat.

5. Ahli Fiqih yang Terampil

Pemikiran keislaman Kiai Ma’ruf sangat brilian. Perannya cukup signifikan dalam meletakkan fondasi pembaharuan pemikiran Islam. Dalam ranah fiqih, mu’amalah, termasuk siyasah, Kiai Ma’ruf bahkan terus melakukan eksplorasi dan inovasi pemikiran jauh ke depan.

6. Pemimpin Puncak Dua Oraganisasi Besar

Kiai Ma’ruf adalah Rais ‘Aam PBNU (2015-2020) sekaligus Ketua MUI (2015-2020). Dua jabatan puncak sangat langka dimiliki banyak orang. Selain menunjukkan kualitas Kiai Ma’ruf, dua jabatan puncak itu menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap Kiai Ma’ruf sangat tinggi.

7. Tokoh Perdamaian Dunia

Seperti halnya KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Kiai Ma’ruf juga dikenal sebagai tokoh perdamaian dunia. Ia kerap menjembatani berbagai konflik antar-agama, baik dalam konteks nasional ataupun global.

8. Ulama yang Dicintai Ulama

Kiai Ma’ruf adalah ulama yang dicintai banyak ulama. Sejumlah ulama kharismatik seperti KH. Maimoen Zubair sangat menghormatinya. Dalam berbagai kesempatan, Kiai Ma’ruf sangat akrab dengan berbagai ulama dengan paham dan madzhab apapun.

9. Keturunan Ulama Besar

Kiai Ma’ruf keturunan ulama besar Syekh Nawawi Al Bantani, ulama besar Indonesia abad ke-14 H yang menjadi Imam Masjidil Haram, yang kualitas intelektual dan kealimannya sudah tidak diragukan lagi. Bahkan murid-muridnya juga menjadi ulama besar seperti KH. Hasyim Asyari dan KH. Ahmad Dahlan.

10. Sosok Egaliter dan Dialogis

Selain sebagai sosok ulama yang merakyat dan sederhana, Kiai Ma’ruf Amin merupakan tokoh yang suka mengajak dialog, diskusi, dan bertukar pikiran. Hampir semua undangan seminar atau halaqoh baik yang level besar maupun level kecil selalu dihadirinya.

(Oleh M. Suyuti, dari berbegai sumber)

banner 900x90
Berita Sulbar
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.